Hubungan Pelayanan Resep Obat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2015

  • Juliani Juliani Alumni STIKes Persada Husada Indonesia
  • Herlina Herlina STIKes Persada Husada Indonesia
Kata Kunci: Dimensi mutu pelayanan, Pelayanan Resep Obat, Kepuasan

Abstrak

Pergeseran masyarakat dan konsumen sebagai akibat dari peningkatan pengetahuan dan kesadaran
konsumen terhadap peningkatan kesehatan. Masyarakat yang sadar terhadap haknya untuk mendapatkan
pelayanan kesehatan dan pengobatan, isu etik dan hukum semakin meningkat ketika masyarakat menerima
pelayanan kesehatan Pemberian pelayanan kesehatan yang kurang memuaskan dan kurang manusiawi atau tidak sesuai harapan, maka persoalan atau dilema hukum dan etik akan semakin meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pelayanan resep dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Jenis penelitian survei analitik menggunakan desain Cross Sectional. Penelitian dilakukan dari bulan Maret s.d Mei 2015 dengan populasi berjumlah 9.504 jiwa dan sampelnya 100 responden yang dicari menggunakan teknik random sampling. Uji statistic menggunakan chi square, ditemukan ada hubungan antara variable reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible dengan tingkat kepuasan pasien. Tingkat kepuasan responden dalam pelayanan resep obat yang mengatakan puas lebih banyak dari yang mengatakan kurang puas. Petugas di pelayanan resep obat tetap meningkatkan mutu pelayanan sehingga pe ngunjung tetap akan merasa puas.

Diterbitkan
2016-07-10

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>