Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Perawat dalam Merawat Bayi di NICU Melalui Latihan Asuhan Perkembangan

  • Ayuda Nia Agustina Akademi Keperawatan Fatmawati
  • Yeni Rustina Universitas Indonesia
  • Ice Yulia Universitas Indonesia
Kata Kunci: Edukasi, asuhan perkembangan, pengetahuan dan keterampilan perawat, NICU

Abstrak

Aplikasi asuhan perkembangan oleh perawat penting untuk meminimalkan nyeri dan stres, namun belum semua perawat memahami tentang asuhan perkembangan. Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh pemberian edukasi asuhan perkembangan melalui video dan buku saku. Rancangan penelitian menggunakan kuasi eksperimen pre-test post-test equivalent group melibatkan 34 perawat NICU yang terbagi dalam 2 kelompok (kontrol dan intervensi) yang dipilih menggunakan metode total sampling. Data dianalisis menggunakan software SPSS dengan uji dependent t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan yang bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi (p=0,000), serta tidak terdapat hubungan antara karakteristik perawat (usia, pendidikan, lama bekerja, riwayat pelatihan) dengan pengetahuan dan keterampilan (p>0,05). Edukasi tentang asuhan perkembangan penting bagi perawat agar aplikasi asuhan perkembangan dapat dioptimalkan.

Diterbitkan
2018-07-18