Pengaruh Bermain Terapeutik Mewarnai Terhadap Motorik Halus Anak Kebutuhan Khusus Autis Usia Sekolah Di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jakarta
Tatiana Siregar, Novita Ayuni Kardiyanti
Abstrak
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan autis mempunyai keterlambatan dalam perkembangan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap motorik halus ABK Autis usia sekolah di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jakarta. Penelitian dilakukan periode April sampai Juli 2017. Rancangan desain penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan Pre and Post Test Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 12 anak dengan teknik total sampling. Berdasarkan uji Paired Sample T-test ada pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap motorik halus pada kelompok kontrol dan intervensi dengan p Value 0,005 dan 0,002 (p < 0.05; CI 95%). Ada perbedaan yang bermakna motorik halus pada kelompok kontrol dan intervensi pada saat pre test maupun pos test dengan p Value 0,0465 dan 0,0005 (p < 0.05;CI 95%). Diharapkan Instansi SLB dapat menerapkan bermain teraupeutik secara kontinyu, agar dapat meningkatkan motorik halus ABK autis melalui program-program bermain terupeutik yang inovatif.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##