Pengaruh Bermain Terapeutik Mewarnai Terhadap Motorik Halus Anak Kebutuhan Khusus Autis Usia Sekolah Di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jakarta

Tatiana Siregar, Novita Ayuni Kardiyanti

  • Tatiana Siregar Program Studi S-1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta
  • Novita Ayuni Kardiyanti Program Studi S-1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta
Kata Kunci: Autisme, Bermain Terapeutik Mewarnai, Motorik Halus

Abstrak

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan autis mempunyai keterlambatan dalam perkembangan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap motorik halus ABK Autis usia sekolah di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jakarta. Penelitian dilakukan periode April sampai Juli 2017. Rancangan desain penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan Pre and Post Test Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 12 anak dengan teknik total sampling. Berdasarkan uji Paired Sample T-test ada pengaruh bermain terapeutik mewarnai terhadap motorik halus pada kelompok kontrol dan intervensi dengan p Value 0,005 dan 0,002 (p < 0.05; CI 95%). Ada  perbedaan yang bermakna motorik halus pada kelompok kontrol dan intervensi pada saat pre test maupun pos test dengan p Value 0,0465 dan 0,0005 (p < 0.05;CI 95%).  Diharapkan Instansi SLB dapat menerapkan bermain teraupeutik secara kontinyu, agar dapat  meningkatkan motorik halus ABK autis melalui program-program  bermain terupeutik yang inovatif.

Diterbitkan
2019-01-20