Analisis Kualitas Pelayanan dengan Metode Student Satisfaction Inventory (SSI) di STIKes Persada Husada Indonesia

  • Elwindra Elwindra STIKes Persada Husada Indonesia
Kata Kunci: kualitas pelayanan, tingkat kepuasan, STIKes PHI

Abstrak

Seiring dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Persada Husada Indonesia (STIKes PHI) sebagai salah satu institusi pendidikan sangat memerlukan usaha peningkatan kualitas layanan pendidikan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengukur serta menganalisa kualitas layanan pendidikan tinggi yang diberikan STIKes PHI, sehingga dapat diambil langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Student Satisfaction Inventory (SSI) dengan 12 dimensi kualitas layanan pendidikan. Masing-masing dimensi diukur tingkat kepentingan dan tingkat kepuasannya dan dianalisis dengan teknik Importance-Performance Analysis. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 196 orang mahasiswa STIKes PHI yang dipilih berdasarkan metode stratified random sampling. Dari penelitian ini diketahui bahwa STIKes PHI harus memprioritaskan usaha perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan pada faktor-faktor yang termasuk dalam Dimensi Academic Services (AS), Concern For the Individual (CFI), dan Instructional Effectiveness (IE). Faktor utama yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa terletak pada pengaturan masalah jadwal perkuliahan, pelayanan staf perpustakaan, fasilitas perpustakaan, fasilitas dan pelayanan lab komputer, kebenaran informasi saat promosi, fasilitas dan kenyamanan ruang kuliah, serta respon terhadap keluhan mahasiswa. STIKes PHI disarankan untuk melakukan perbaikan pelayanan pada dimensi-dimensi pelayanan yang menjadi prioritas dan terus melakukan penelitian kualitas pelayanan secara berkesinambungan, agar apa yang menjadi harapan mahasiswa dapat terpenuhi secara efektif dan efisien.

Diterbitkan
2014-02-20

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>