Survei Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Pelatihan ESQ 165 pada Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) STIKes PHI
Abstrak
Pelaksanaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) selalu dipenuhi oleh serangkaian pelanggaran dalam bentuk kekerasan tidak hanya bertentangan dengan hak asasi manusia, tetapi juga menafikan tujuan mulia pendidikan untuk membentuk generasi muda dan pemimpin bangsa yang cerdas, intelektual, emosional, dan spiritual. Atas dasar inilah STIKes PHI dan beberapa perguruan tinggi lain melakukan perubahan paradigma pada pelaksanaan ospek, melalui pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang merupakan pelatihan kecerdasan emosi dan spiritual. Pelaksanaan pelatihan ESQ pada masa Ospek mahasiswa baru ini tentu membutuhkan evaluasi untuk menilai keberlanjutan program dan memberi masukan untuk perbaikan pada tahun berikutnya. Dengan tujuan inilah perlu dilakukan survey kepuasan pelanggan, yang akan mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelaksanaan pelatihan ESQ ini. Penelitian ini menggunakan metode suvei kepuasan pelanggan (customer satisfaction survey) melalui pengukuran secara langsung (directly reported satisfaction), untuk memperoleh tanggapan dan umpan balik secara langsung dari pelanggan. Penelitian dilakukan secara total sampling dengan mengukur 4 variabel yang menjadi variabel pelatihan ESQ 165, yaitu: materi, trainer, fasilitas umum, dan dampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa peserta merasa puas, dan perbedaan agama tidak berpengaruh terhadap kepuasan peserta, sehingga disarankan untuk melanjutkan program pelatihan ini. Penelitian juga menyarankan beberapa variabel dan faktor yang perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan pelayanan/kinerjanya, yaitu pada variabel materi dan fasilitas pelatihan, khususnya materi yang bermanfaat dan dukungan dari tim ESQ 165.