Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa TK III Program D.III Keperawatan Akademi Keperawatan Royhan Tahun 2012
Sariah
Abstrak
Motivasi merupakan energi penggerak, pengarah dan memperkuat tingkah laku. Motivasi merupakan dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan dengan keberhasilan program pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan belajar mahasiswa TK III Program D.III Keperawatan Royhan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional, menggunakan uji statistik chi square dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat. Populasi 70 orang yaitu mahasiswa TK III Program D.III Keperawatan. Faktor-faktor yang diteliti yaitu factor internal meliputi cita-cita, minat dan harapan, sedangkan faktor eksternal yaitu atmosfir akademik kampus, atmosfir non akademik kampus dan dukungan keluarga, yang diperkirakan adanya hubungan dengan motivasi belajar mahasiswa.Hasil penelitian proporsi motivasi belajar responden hampir seimbang antara mereka yang mempunyai motivasi belajar tinggi (51,4%) dan rendah (48,6%). Variabel yang berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa, seluruhnya berhubungan kecuali atmosfir non akademik kampus dengan p value =0,240 dan variable yang lain berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa. Dukungan keluarga merupakan factor yang dominan berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa. Peneliti menyarankan kepada praktisi untuk dilakukan penelitian lebih mendalam terhadap motivasi belajar mahasiswa Program D.III Keperawatan Royhan dengan melakukan penelitian kualitatif sehingga dapat mengeksplorasi permasalahan lebih mendalam tentang motivasi belajar mahasiswa.