Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa TK III Program D.III Keperawatan Akademi Keperawatan Royhan Tahun 2012

Sariah

  • Sariah Sariah STIKes Persada Husada Indonesia
Kata Kunci: Faktor-faktor, cita-cita, Motivasi belajar mahasiswa

Abstrak

Motivasi merupakan energi penggerak, pengarah dan memperkuat tingkah laku. Motivasi merupakan dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan dengan keberhasilan program pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan   belajar mahasiswa TK III Program D.III Keperawatan Royhan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional, menggunakan uji statistik chi square dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat.  Populasi 70 orang yaitu mahasiswa TK III  Program D.III  Keperawatan.  Faktor-faktor yang diteliti yaitu factor internal meliputi cita-cita, minat dan harapan, sedangkan faktor eksternal  yaitu atmosfir akademik kampus, atmosfir non akademik kampus dan dukungan keluarga, yang diperkirakan adanya hubungan dengan motivasi belajar mahasiswa.Hasil  penelitian  proporsi  motivasi belajar  responden  hampir  seimbang antara mereka yang mempunyai motivasi belajar tinggi (51,4%) dan rendah (48,6%). Variabel yang berhubungan dengan  motivasi belajar mahasiswa, seluruhnya berhubungan kecuali atmosfir non akademik kampus  dengan p value =0,240  dan variable yang lain berhubungan dengan  motivasi belajar mahasiswa. Dukungan keluarga merupakan factor yang dominan berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa. Peneliti menyarankan kepada praktisi untuk dilakukan  penelitian  lebih mendalam  terhadap motivasi  belajar  mahasiswa  Program D.III Keperawatan Royhan dengan melakukan penelitian kualitatif sehingga dapat mengeksplorasi permasalahan lebih mendalam tentang motivasi belajar mahasiswa.

Diterbitkan
2018-01-16

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>