Determinan Proses Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan STIKes PHI Tahun 2013

  • Herlina Herlina STIKes Persada Husada Indonesia
  • Nora Haslinda STIKes Persada Husada Indonesia
Kata Kunci: kepuasan mahasiswa, infrastruktur, kurikulum, administrasi

Abstrak

Subsistem yang membentuk sistem pendidikan antara lain adalah tujuan, mahasiswa, manajemen, struktur dan jadwal waktu, materi, tenaga pengajar dan pelaksana, alat bantu belajar, teknologi, fasilitas, kendali mutu, penelitian, dan biaya pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan proses pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan STIKes Persada Husada Indonesia tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey menggunakan rancangan penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan tingkat I, II, III. Populasi penelitian 108 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat (distribusi frekuensi), analisis bivariat dengan uji Kai Kuadrat, dan analisis multivariate (uji Regresi Logistik). Variabel yang mempunyai hubungan bermakna proses pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa adalah kedisiplinan dosen, penyampaian materi, penampilan dosen, laboratorium, perpustakaan, alat bantu pendidikan, kurikulum, jadwal perkuliahan, dan administrasi. Hasil analisis multivariate variabel yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah kedisiplinan dosen, alat bantu pendidikan, dan kurikulum, yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan mahasiswa yaitu kurikulum.

Diterbitkan
2014-02-01

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>