Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 4-6 tahun di TK Al-Faridah Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun 2014

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 4-6 tahun

  • Yati Budiarti Jurnal Kesehatan STIKes PHI
  • Sri Gustini Jurnal Kesehatan STIKes PHI
  • Siti Saadah Jurnal Kesehatan STIKes PHI
  • Endang Astiriyani Jurnal Kesehatan STIKes PHI
  • Yati Budiarti Jurnal Kesehatan STIKes PHI
Kata Kunci: pola asuh orang tua, perkembangan anak usia 4 – 6 tahun

Abstrak

Kualitas anak merupakan penentu sumber daya manusia di masa yang akan datang. Oleh karenanya
harus dimulai dengan pembinaan anak dimasa sekarang untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas. Kunci
kesuksesan seorang anak menjadi individu yang mandiri sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah
satunya adalah pola asuh orang tua. Oleh sebab itu maka orang tualah yang berperan dalam mengasuh,
membimbing dan membantu mengarahkan anak untuk menjadi mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 4 – 6 tahun Di TK Al-Faridah
Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Penelitian ini mengggunakan metode analitik dan pendekatan cross
sectional. Populasinya seluruh siswa TK Al-Faridah usia 4 – 6 tahun beserta orang tuanya yang berjumlah 46
orang. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar orang
tua menggunakan pola asuh authoritative (58,7 %). Perkembangan anak yang sesuai ( 30,4%), penyimpangan
dan meragukan (34,8%). Nilai p value yang diperoleh 0,022 maka terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan
perkembangan anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan pola
asuh orang tua dengan perkembangan anak di TK Al-Faridah Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis
Kata kunci: pola asuh orang tua, perkembangan anak usia 4 – 6 tahun

Diterbitkan
2015-04-05