Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Minat Berkunjung Kembali Pasien Di Puskesmas Pasar Rebo Tahun 2015

Service Quality Analysis of Satisfaction and Patient Coming Back Interests at Puskesmas Pasar Rebo in 2015

  • Elwindra Elwindra STIKes Persada Husada Indonesia
  • Petronela Ruslini STIKes Persada Husada Indonesia
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Importance-Performance Analysis

Abstrak

Visi Puskesmas Pasar Rebo mengedepankan terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu menuju masyarakat sehat mandiri. Permasalahan yang disoroti masyarakat dalam lingkup kualitas pelayanan publik, mengindikasikan masih terdapat kelemahan dan penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini penting dilaksanakan sebagai tindak lanjut penelitian tahun sebelumnya terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh Puskesmas dikaitkan dengan minat berkunjung kembali pasien. Penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo kepada masyarakat dikaitkan dengan kepuasan dan minat berkunjung kembali pasien. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dengan sampel 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan menggunakan Importance-Performance Analysis dengan Diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan masuk dalam kategori baik, tingkat kesesuaian (perbandingan antara harapan dan kenyataan) adalah sebesar 80,1%. Unsur yang dianggap paling memenuhi harapan responden adalah keramahan dan perhatian dokter saat melakukan pengobatan sebesar 92,4%, sedangkan unsur yang paling kurang memenuhi harapan pasien adalah ruang tunggu yang cukup dan nyaman 76,3%. Penelitian ini menemukan hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien, sedangkan untuk umur, jenis kelamin, pekerjaan, jarak dan minat berkunjung menunjukan tidak ada hubungan yang bermakna dengan kepuasan pasien. Hasil Importance Performance Analysis menunjukkan dimensi mutu pelayanan Responsiveness (cepat tanggap) berada pada kuadran A ini, yang berarti pihak Puskesmas harus lebih cepat tanggap alam memberikan pelayanan kepada pasien.

Diterbitkan
2016-07-07

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>